5 Oleh Oleh Khas Malang

Para pendaki gunung-gunung tinggi dan eksotik di Jawa Timur, selalu menjadikan Malang sebagai pintu masuk mapun sekedar persinggahan. Oleh sebab itu, kawasan Malang tidak pernah sepi dikunjungi oleh para pendaki maupun wisatawan lainnya. Terlebih kehijauan kota ditambah dengan industri pariwisatanya yang menjamur. Ditambah kawasan ini mempunyai banyak situs-situs peninggalan kerajaan Jawa. Akan terasa belum puas jika belum menyempatkan mengunjungi atau menjelajahi kawasan wisata populer di Indonesia ini. Nah, jika Anda telah menyusun jadwal trip di berbagai spot-spot untuk memuaskan rasa penasaran dan ekspektasi liburan Anda, maka jangan lupa untuk juga menyusun oleh-oleh apa saja yang akan Anda bawa pulang untuk dibagikan dan dikenang oleh keluarga dan Anda sendiri. Berikut lima oleh-oleh khas Malang yang akan membuat Anda terus terkenang dengan Malang nanti.

  1. Apel Malang

Pada dasarnya di Indoensia pengasil buah apel hanya ada di 3 daerah, yaitu kabupaten Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Pasuruan. Namun, penghasil buah apel terbanyak dan menjadi icon daerah adalah Kota Batu dan Kabupaten Malang. Jenis apel yang akan Anda temui memang berbeda dengan apel impor pada umumnya. Apel yang banyak dihasilkan oleh petani apel di Malang adalah Apel Ana dengan ciri lonjong bergaris merah dari tangkai buah memiliki rasa yang masam dan segar, dan Apel Manalagi dengan ciri bulat hijau memiliki rasa yang manis layaknya madu. Anda dapat memborong sebanyak-banyaknya atau semampunya di gerai-gerai pusat oleh-oleh, atau pasar buah, atau juga langsung petik dari perkebunan. Tidak hanya dalam bentuk buah segar, namun juga Anda bisa mendapatkan buah apel dengan berbagai produk olahannya seperti minuman sari apel, keripik apel, dodol, pia dan yang lainya.

  1. Keripik Buah

Selain buah apel, Malang juga banyak menghasilkan produk olahan keripik dari berbagai buah-buahan lainnya. Anda akan banyak menemukan berbagai keripik dari bahan dasar yang berbeda-beda yang akan membuat lidah Anda tidak penasaran akan sensasi rasa dari masing-masing keripik-keripik ini. Keripik-keripik buah ini diolah dengan cara digoreng, namun tanpa menggunakan minyak yang hasilnya dapat menjaga rasa originalitas maing-masing buah yang diolah. Anda pasti akan heran dengan berbagai buah-buahan yang selama ini hanya Anda nikamti dengan memakannya langsug atau dengan dijus, tetapi Anda temukan dalam bentuk keripik, seperti rambutan, apel, salak, nangka, semangka, kelengkeng, serta sayur-sayuran.

  1. Malang Strudel

Mulai dirintis pada tahun 2014 oleh artis ternama Indinesia Tengku Wisnu, strudel yang merupakan makanan khas masyarakat eropa untuk hidangan penutup berbahan dasar apel ini ini diperkenalkan dan diinovasikan dengan lidah masyarakat Indonesia menggunakan bahan dasar apel Malang yang melimbah berkualitas. Selain itu juga, produk oleh-oleh khas rintisan suami artis Shireen Sungkar ini telah memiliki berbagai inovasi rasa yang tidak kalah gurih dari apel sebagai pastry-nya. Anda akan menemukan beragam varian rasa buah lokal lainnya yang bersanding dengan  pastry apel, seperti strawberry, pisang, nanas, mangga, durian, bahkan juga ketela.

  1. Pia Mangkok


Selain Pia Bali dan Bakpia Pathuk Jogja yang selama ini Anda ketahui, Malang juga memiliki kue pia khas yang sangat diburu oleh wisatawan. Pia Mangkok adalah kue pia khas Malang yang memiliki ukuran lebih besar dari pia lainnya, serta lapisan kulit yang lebih kering dari Bakpia Pathuk. Pia Mangkuk Malang ini juga mempunyai sebagian varian rasa, seperti kacang hijau, coklat, keju, serta labu putih. Pia ini tidak disarankan untuk berlama-lama disimpan. Karena biasanya hanya mampu terjaga kualitasnya dalam waktu 2 pekan. Lebih dari masa itu, utamanya kualitas rasa akan semakin menurun. Maka sebaiknya segera dinikmati.

  1. Telo

Telo atau ubi jalar juag sangat melimpah produksinya di Malang. Selain diolah menjadi keripik, saat ini telo telah banyak diinovasikan menjadi berbagai produk makanan olahan khas Malang yang sangat cocok sebagai buah tangan. Anda akan menemukan Bakpao Telo, Mie Telo, Es krim Telo, Pizza Telo, Nugget Telo, dan lain-lain.
Telo yang dipakai adalah telo ungu dan menjadi warna icon pada setiap kemasan produk maupun gerai-gerai yang menyajikan makanan berbahan dasar telo, maupun sebagai oleh-oleh. Anda juga dapat menemukan berbagai macam olahana telo tersebut di Repoeblik Telo sekitar Lawang, Kabuaten Malang.

Nah, jika Anda telah memasukkan beberapa dari 5 list oleh-oleh khas Malang di atas, maka akan kami berikan bonus informasi oleh-oleh khas Malang yang sangat populer dan diburu oleh wisatawan. Dia adalah kaos khas Malang. Kenapa kaos khas Malang? Karena tentunya kenangan Anda dengan Malang akan terus melekat di badan Anda ketika mengenakannya. Dan orang-orang di sekiar Anda juga pasti mengagumi pengalaman Anda yang pernah ke Malang.